Thursday, August 4, 2011

Checklist Pemeliharaan Server Windows

Windows Server 2008 menyediakan belakang layar fungsi untuk web server jaringan dan Internet. Jika malfungsi jaringan utama server, dapat menyebabkan gangguan internet meluas. Pemeliharaan preventif dan prosedur pemulihan penting untuk menjaga server ini berjalan lancar dan cepat mendapatkan mereka dan berjalan ketika mereka rusak.

Menilai Stabilitas Server

Jalankan "Kehandalan dan Kinerja Scanner" (di bawah "Administrative Tools") untuk mengumpulkan informasi real-time pada kinerja, kesalahan, penggunaan sumber daya, konfigurasi dan aktivitas lainnya yang dapat mengganggu kestabilan server.

Pelihara Event Sistem

Jalankan "Windows Event Viewer" untuk merekam sistem, keamanan dan aplikasi-peristiwa terkait. Jika Active Directory terinstal, lihat "Log Directory Service."

Jaga Server Agar Tetap Diperbarui

Download dan install "Windows Server Layanan Update." Layanan ini download update keamanan dan kinerja. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola, menguji, mendistribusikan dan menginstal update yang diperlukan. Jauhkan WSUS berjalan untuk memastikan bahwa server memiliki update terbaru.

Memastikan Keamanan Server

Pastikan bahwa IPSec (IP Security) Layanan berjalan. Layanan ini melindungi jaringan dari serangan dan pemantauan informasi dengan mengenkripsi data. Hal ini juga mencegah "ID spoofing" di mana penyerang dapat memalsukan identitas pengirim atau penerima. Gunakan IPSec untuk mengkonfigurasi dan mengatur hak user yang sesuai untuk departemen atau organisasi Anda.

Juga, pastikan Firewall Windows berjalan untuk mencegah gangguan jaringan. Windows Firewall tersedia di Windows 2003 SP1 dan versi.

Mencegah Infeksi Virus

Aktifkan layanan NAP - Network Access Protection. NAP melindungi jaringan dari terlindungi, terinfeksi, komputer non-diperbarui atau terkonfigurasi dari mengakses jaringan. NAP menambah Windows Firewall.

Jaga Hak Akses Pengguna Agar Tetap Diperbarui

Jalankan "Active Directory Certificate Services" peran untuk mengkonfigurasi, memelihara dan mengatur hak akses pengguna yang diperlukan. Hal ini penting jika Anda sering memiliki tingkat perputaran tenaga kerja.

Melindungi Terhadap Penghapusan File

Aktifkan "Salinan Shadow of Shared Folder" untuk mengotomatisasi retensi dan perlindungan dari file di server. Layanan ini mengembalikan file yang telah dihapus atau ditimpa mencegah Anda dari keharusan untuk me-reload salinan cadangan.

Batasi Sumber Daya Setiap Pengguna

Gunakan "File Manager Server Resource" di bawah "Administrative Tools" untuk membuat kuota disk penyimpanan untuk setiap pengguna. Hal ini membatasi ruang disk untuk setiap pengguna.

Back Up Server

Melakukan backup server dalam kasus kegagalan dan memiliki prosedur di tempat untuk memulihkan jika diperlukan. "Directory Windows Server Backup Aktif" fitur dapat menjadwalkan backup otomatis, Anda juga dapat melakukan backup manual yang diperlukan.

Pastikan Pemulihan Server Melalui Prompt

Pastikan bahwa Anda memiliki "Windows Pemulihan Lingkungan" untuk mengembalikan server. Para WinRE mengembalikan sistem operasi dan file data ke server yang berbeda yang tidak memiliki sistem operasi yang terpasang.

No comments:

Post a Comment